Tanggul Jebol, Banjir Dahsyat Terjang China, 12 Orang Meninggal

Badai yang membawa hujan deras di China membuat sebuah bendungan di dekat Kota Zhengzhou, Provinsi Henan jebol. Akibatnya, air tumpah menciptakan banjir dahsyat yang sudah memakan 12 korban jiwa.

Kantor berita Xinhua pada Rabu (21/7) melaporkan, biro meteorologi Henan dan Zhengzhou telah menaikkan tingkat tanggap darurat bencana ke Level 1. Diperkirakan, hujan deras akan terus turun di Henan hingga Rabu malam.

Dari berbagai laporan dan unggahan di media sosial, tampak air sudah membanjiri kereta bawah tanah di Zhengzhou. Tim penyelamat berupaya untuk mengevakuasi penumpang.

Sejauh ini, setidaknya sudah ada 12 orang yang meninggal dunia akibat banjir. Sedangkan sekitar 100 ribu penduduk telah dievakuasi ke wilayah yang lebih aman.

Otoritas telah mengerahkan lebih dari 6.000 personel militer dan dinas pemadam kebakaran dalam operasi penyelamatan.

Akibat banjir, bandara Zhengzhou juga telah membatalkan jadwal penerbangan hingga Rabu.

Sebelum jebol, bendungan Zhengzhou telah memicu kekhawatiran dari tentara. Militer juga telah mengirim 20 ribu personel untuk melakukan pekerjaan darurat menjaga integritas bendungan.

Selama akhir pekan, badai telah menghantam Henan. Hujan deras juga telah merontokan dua bendungan di Kota Hulun Buir, Mongolia Dalam di China bagian utara.

Sejak 16 Juli, lebih dari 144.660 orang telah terkena dampak hujan deras di Provinsi Henan, dengan 10.152 dipindahkan ke daerah yang lebih aman. 

Foto: Banjir merendam jalan raya di Zhengzhou, Provinsi Henan, China/Net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *