Tentang Jokowi yang Katanya Tak Pernah Rayakan Ulang Tahun

Hari ini, 21 Juni 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun ke-59. Namun dia tidak mengadakan perayaan secara khusus. Jokowi memang tidak pernah merayakan ulang tahun.

Berdasarkan catatan pemberitaan detikcom yang dihimpun hingga Minggu (21/6/2020), Presiden ke-6 RI ini lahir di Rumah Sakit Brayat Minulya, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Dulu, dia sempat sebentar menyandang nama Mulyono, tapi karena sakit-sakitan, orang tuanya mengganti nama Mulyono menjadi Joko Widodo.

Jokowi kecil tumbuh di Kampung Srambatan, Kota Surakarta. Dia dan keluarganya berpindah-pindah rumah di bantaran kali. Sejak kecil, dia mengaku tidak pernah merayakan ulang tahun.

“Ya gimana? Wong saya ndeso. Saya nggak pernah ulang tahun,” ujar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat ditanya mengenai ulang tahunnya oleh wartawan di Balai Kota, 20 Juni 2013, menjelang perayaan ulang tahun ke-52 saat itu.
Bukan hanya tidak merayakan, Jokowi sendiri bahkan terkadang lupa hari ulang tahunnya. Hal ini dia mengungkapkan saat umurnya mengancik 57 tahun.

“Sebenarnya, saya tak pernah merayakan ulang tahun saya sendiri. Kadang-kadang malah lupa,” ujar Jokowi dalam akun Facebook-nya, 21 Juni 2018.

Pilih kerja

Pada ulang tahunnya yang ke-58, Jokowi menjelaskan di akun Twitter-nya bahwa tak perlu ada pesta. Yang penting bersyukur saja ke Tuhan Yang Maha Esa. Lebih baik bekerja demi negara.

“Saya tak pernah merayakan hari ulang tahun, dan tak perlu ada pesta, kecuali rasa syukur ke hadirat Allah SWT, dan negeri yang menanti kerja bersama kita,” cuit Jokowi di Twitter, setahun lalu.

Ketimbang menggelar pesta ulang tahun, Jokowi memilih untuk bekerja seperti biasanya.

Ini juga yang terjadi saat momen ulang tahun ke-57 Jokowi, tahun 2018. Pada hari itu, dia tetap meninjau landasan pacu 3 Bandar Soekarno-Hatta.

Pada ulang tahun ke-56, putra Notomihardjo dan Sudjiatmi ini membagi-bagikan sembako di Lapangan Kampung Ciawi, Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Bogor, Jawa Barat, pada pagi hari. Ditemani Iriana istrinya, dia juga mengunjungi Jalan Mayor HS Sukma KM 17 Gang Nangka RT 3 RW 2, Desa Caringin, Kecamatan Caringin, Bogor, Jawa Barat.(dtk)

Artikel Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *