Uang Rp 1,2 Triliun Sia-sia, Pawang Hujan Akui Job di Sirkuit Mandalika Hanya untuk Lindungi Jokowi

Seorang pria bernama Damai Santoso yang mengaku sebagai pawang hujan secara blak-blakan mengungkap job yang dia dapat untuk mengamankan Presiden Jokowi dalam acara peresmian Sirkuit Mandalika. 

Damai Santoso akhirnya angkat suara lantaran namanya merasa tercemar karena dituding netizen tak bekerja maksimal mengamankan pelaksanaan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika. 

Tak terima dan merasa dicemarkan nama baiknya, Pawang Hujan, Damai Santoso pun melapor kepada polisi.

Dilansir dari Pikiran Rakyat pada Rabu, 24 November 2021, Damai Santoso merasa tersinggung oleh warganet yang memposting foto dirinya karena dianggap gagal menangkal hujan. 

Memang diakui, gelaran WSBK sempat tertunda beberapa saat karena hujan dan cuaca buruk.

Dari sana Damai Santoso mengaku jika dirinya hanya mendapat pekerjaan untuk mengamankan Presiden Jokowi agar tidak kehujanan. Sementara untuk ageda balapan motor WSBK, dirinya mengaku tidak mendapat job itu lagi. 

“Saya dikatakan kalau pawang tidak bekerja secara maksimal. Padahal, saya tidak menangkal hujan saat balapan,” ujar Damai Santoso di Polres Lombok Tengah seperti disiarkan di YouTube Mandalikanews, Senin 22 November 2021.

“Kata-kata yang mencemarkan nama baik saya, seperti the traitional rain controller not working at WorldSBK dan hujan badai gyur Sirkuit Mandalika, balapan pertama world not working alias nggak mempan. Dilampirkan deengan foto saya waktukedatangan bapak Presiden RI Joko Wiodo hari Jumat, minggu lalu,” lanjutnya. 

Adapun foto-foto yang beredar di sosial media saat dirinya menangkal hujan ketika Jokowi datang itulah yang dipakai netizen saat hujan mengguyur Sirkuit Mandalika pada 20-21 November 2021. 

Dirinya juga mengaku tidak dapat berbuat untuk menangkal hujan jika Tuhan tidak mengizinkan. 

Sementara itu, setelah ramai beredar kabar adanya pawang hujan pada WSBK tersebut, terungkap fakta lain yang selama ini tidak diduga oleh masyarakat. 

Fakta tersebut berkaitan dengan momen ketika Jokowi mengaspal di Sirkuit Mandalika rupanya dikabarkan juga menggunakan Pawang Hujan. 

Dari YouTube Rocky Gerung, ia mengomentari penggunaan pawang hujan tersebut. 

“Kami baru tahu juga ternyata pak Jokowi main pawang waktu main motor. Jadi buat apa anggaran Rp1,2 triliun kalau bisa diselesaikan dengan pawang, perbanyak pawangnya saja,” ujar Rocky Gerung. 

Menurut Rocky Gerung dengan adanya pawang, seharusnya bisa menghemat biaya yang dihabiskan untuk membangun Sirkuit Mandalika. 

Bahkan menurutnya bisa diserahkan kepada rakyat. 

“Daripada kita buang uang banyak dan akhirnya jadi olok-olok, padahal akhirnya berubah jadi olok-olok. Uang itu bisa saja tiba ke petani-petani yang masih belum dibayar tanahnya,” kata Rocky Gerung. [terkini]

Foto: Kompilasi foto Presiden Jokowi dan Pawang Hujan Mandalika yang viral (Pikiran Rakyat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *