Viral Peraih Emas PON Pulang dari Papua ke Ciamis Naik Angkutan Umum, Ridwan Kamil Minta Tabayun

Viral atlet senam asal Ciamis, Jawa Barat, peraih medali emas cabang selam di PON XX Papua, pulang ke daerah asalnya, menggunakan angkutan umum. 

Dhea Nazhira Nuramalina (17), warga Cijantung, Kabupaten Ciamis, harus pulang menggunakan angkutan umum bus.

Atlet Selam Ciamis yang menyabet emas nomor 50 meter pin putri  di PON XX Papua 2021 ini, pulang dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Ciamis menggunakan bus umum, Selasa 12 Oktober 2021.

Selain menyabet emas, Dhea juga mendapatkan 1 medali perunggu di nomor estafet 100 meter.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan, pihaknya sudah mendengar kabar tersebut. Pihaknya pun telah menginstruksikan secara teknis agar ada fasilitasi yang mumpuni bagi atlet Jabar yang pulang ke daerah masing-masing. 

“Saya baru dengar, saya sudah perintahkan Pak Sekda, karena teknis ada di Pak Sekda. Jangan sampai ada berita atlet di Jawa Barat pulangnya tidak terlayani dengan baik,” ujar Ridwan di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu, 13 Oktober 2021.

Namun, kata Ridwan, informasi kepulangan atlet dengan kendaraan umum jangan ditelan bulat-bulat. Dia meminta untuk bertabayun atau melakukan konfirmasi pada yang bersangkutan.

“Kadang-kadang dulu pernah diteliti memang atletnya enggak mau (menggunakan fasilitas) gitu, (atletnya) pengen pulang sendiri aja pernah kejadian seperti itu,” ujar Ridwan. 

Dengan demikian, kata dia, kejadian tersebut juga jangan dipukul rata, harus tabayun dulu Kecuali memang ada kekurangannya. 

“Kalau ada kekurangan tadi sudah saya WA Pak Ketua KONI, kalau betul karena kekeliruan itu, tolong diperbaiki karena kita masih ada beberapa hari, tapi media juga cek yang sebenar-benarnya seperti itu,” ucapnya. 

Terkait tempat karantina, tambah Ridwan, pihaknya sudah menyiapkan dua tempat yaitu di BPSDM dan KONI Jabar. Tiap atlet maupun ofisial dari Papua harus menjalani karantina di salah satu tempat tersebut selama lima hari sebelum pulang ke rumah masing-masing. 

Juara umum

Sementara itu terkait peluang Jabar juara umum pada PON XX/Papua 2021, Ridwan tidak mau berandai-andai. 

“Tapi kalau lihat matematikanya. Kita per Tadi pagi kan sudah berbeda 12 emas ya dengan rangking 2 dan masih ada rombongan peraih emas lagi sekitar 20an mengantri untuk tampil di final. Harusnya kalau tidak ada halangan kita bisa meraih lagi juara umum ya,” kata dia. 

“Dan tanggapan saya adalah kalau terjadi ya Ini bukti bahwa kita bukan jago kandang kira-kira begitu. Ini bukti bahwa ini adalah hasil dari pembinaan dan budaya orang Jawa Barat yang senang olahraga seperti pak gubernur,” ucapnya.***

Foto: Atlet selam asal Ciamis, yang menyabet emas nomor 50 meter pin putri di PON XX Papua 2021, Dhea Nazhira Nuramalina warga Cijantung Ciamis, menunggu jemputan setelah turun dari bus di daerah Cikoneng, 12 Oktober 2021. /Kabar-priangan.com/Agus Pardianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *