Wujudkan Hunian Layak, Anies Baswedan Resmikan Pencanangan Pembangunan Kampung Susun

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pencanangan pembangunan Kampung Susun.

Pencanangan pembangunan Kampung Susun tersebut dikatakan oleh Anies Baswedan nantinya untuk sebanyak 33 Kartu Keluarga (KK) warga Kampung Kunir.

Hal tersebut disampaikan oleh Anies Baswedan dalam unggahan Instagram resmi miliknya.

“Alhamdulillah, hari ini meresmikan pencanangan pembangunan Kampung Susun yang nantinya diperuntukkan bagi 33 KK warga Kampung Kunir, kampungnya Kota Tua,” ujar Anies Baswedan sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com pada Kamis, 14 Oktober 2021.

Dalam unggahannya, orang nomor satu di DKI Jakarta itu menuturkan bahwa, tugasnya di pemerintah memastikan hadirnya keadilan, diberikannya perlindungan, serta memastikan warga mendapat hak memiliki pemukiman layak.

“Seringkali kita bertemu dengan situasi di mana untuk menjalankan kepentingan besar, berdampak kepada hajat hidup masyarakat,” tuturnya.

“Tugas kami di pemerintah adalah memastikan keadilan hadir, memastikan perlindungan diberikan, dan memastikan warga mendapatkan hak untuk memiliki permukiman yang layak,” kata dia.

Dia juga menyebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen mewujudkan hunian layak.

“Pemprov DKI Jakarta berkomitmen mewujudkan hunian layak, hunian untuk membangun masa depan, khususnya bagi warga Kampung Kunir,” ujarnya.

Di samping itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan, sebelumnya pihaknya telah menuntaskannya di Kampung Akuarium.

“Sebelumnya, kita telah menuntaskannya di Kampung Aquarium, yang tahun lalu kita mulai peletakan batu pertamanya. Hari ini kita memulai hal yang sama untuk warga Kampung Kunir,” ujarnya.

“Insya Allah, Ibu/Bapak sekalian segera akan bisa tinggal di rumah yang layak di tempat ini pada Agustus tahun depan,” kata dia.

Konsep pembangunan Kampung Susun Kunir dikatakan olehnya melibatkan berbagai pihak.

“Sama seperti Kampung Akuarium, konsep pembangunan Kampung Susun Kunir juga melibatkan berbagai pihak (Community Action Plan) agar rancangannya sesuai dengan kebutuhan warga yang akan menempatinya. Konsep kampungnya tetap dipertahankan dalam rancangannya,” ujarnya.

Dalam unggahannya, dia juga berterima kasih pada pihak yang telah merancang tempat tersebut.

“Kami berterima kasih kepada teman-teman yang sudah merancang tempat ini dengan menghormati lokasi sekitarnya. Di samping sungai, ada ruang bersama yang cukup luas,” katanya.

“Sementara, di lantai dasar ada ruang interaksi di selasar. Itu semua akan menghadirkan situasi kampung yang guyub dalam sebuah rumah susun,” ujar dia.

Dia pun meminta mendoakan pembangunan tersebut agar tepat waktu, tepat kualitas, dan tepat biaya.***

Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *